Cara Mempromosikan Bisnis, Blog atau Website Lewat Twitter





Situs microblogging 140 karakter, Twitter, menawarkan berbagai cara untuk mempromosikan bisnis, blog atau website kepada orang-orang yang tertarik dalam Twittersphere. Namun ingat, Twitter should not be about self promotion. Ada banyak peluang untuk mempromosikan agenda Anda ke dalam Twitter, namun Anda harus bisa menyeimbangkan antara mempromosikan diri Anda, merespon pertanyaan orang lain, berterima kasih kepada orang yang telah membantu Anda dan membagi informasi berharga kepada follower Anda dari website atau blog lain.

Salah satu cara mudah menganalisa penggunaan Twitter adalah dengan melihat ke profil Twitter Anda, yang menunjukkan status updates. Ini adalah halaman yang juga akan dilihat oleh potential follower untuk memilih apakah mereka akan tetap memperhatikan status update Anda dan halaman tersebut juga menunjukkan karakter Twitter Anda. Anda pasti tidak ingin orang hanya melihat link ke website Anda, iklan dan yang lainnya. Anda tentu mau orang atau follower melihat kontribusi Anda lewat menyajikan informasi yang berharga bukan? Perpaduan beberapa langkah berikut mungkin bisa Anda lakukan.

  • Membagi link promosi pada status update

  • Membagi quote-quote bermanfaat sesuai dengan bisnis Anda.

  • @reply ke orang lain pada status update

  • Membagi artikel berita yang berkaitan dengan bisnis Anda di status update.

  • @reply ke orang lain pada status update

  • Membagi artikel yang berguna untuk orang lain yang berkaitan dengan bisnis Anda di status update.

  • Membagi link promosi pada status update.
So, tanpa basa-basi, berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk berpromosi di Twitter.

Direct Messages (DM)

Berhubung ini masuk dalam kategori self promotional, maka Anda wajib melakukan banyak latihan untuk mengirim dan mengatur sistem otomatis untuk DM. Anda harus memastikan apakah link yang Anda kirim lewat DM berguna untuk orang lain. Jika Anda pelaku bisnis, jangan mengirim orang ke homepage atau sales page.

Promosi Bisnis: Jika Anda pemilik toko baju, kirimkan link yang menjelaskan tentang trend busana terkini.

Promosi Blog/Artikel: Jika Anda seorang social media blogger, kirimkan link yang berisi postingan tentang tips-tips Twitter.

Langsung membagi link membuat Anda kurang nyaman? Alternatif lainnya adalah dengan memberikan pertanyaan. Jika jawabannya bisa diambil dari halaman dalam situs Anda, inilah saat yang tepat untuk membaginya. Pendekatan ini bisa dilakukan dengan menggunakan respon DM otomatis, namun jangan terlihat seperti Spam, harus lebih humanis.

Multiple Status Updates

Jangan hanya memasukkan satu status update, lantaran follower Anda mungkin berasal dari Negara lain di seluruh dunia yang memiliki waktu berbeda untuk online. Lalu bagaimana caranya agar tidak terkesan membombardir dengan link Anda sendiri? Tulis ulang judul yang berbeda kemudian share judul yang re-write tersebut lengkap dengan linknya pada status Anda.

Promosi Bisnis: Jika bisnis Anda berkaitan dengan Valentine’s Day Sale, sebutkan dengan cara yang berbeda. Seperti “Sekarang adalah hari Valentine, kejutkan orang yang Anda sayang dengan sesuatu yang special,” “Temukan kado yang tepat untuk Hari Kasih Sayang,” atau “Penawaran khusus untuk Anda di Hari Kasih Sayang ini.”

Promosi Blog/Artikel: Jika ingin mengirimkan postingan yang sama sebanyak tiga kali dalam sehari, Saya akan menuliskan, “Bagaimana Mempromosikan Bisnis Anda di Twitter,” “Bagaimana Mempromosikan Postingan Blog di Twitter,” atau “Cara Menggunakan Twitter Untuk Mempromosikan Bisnis Anda.”

Cara lain me-reshare link tersebut adalah dengan mengucapkan terima kasih pada orang yang telah me-retweet. Selain menunjukkan apresiasi Anda terhadap orang yang telah membantu promosi, Anda juga bisa memasukkan kembali link yang sama dalam status updates. Namun ingat, tidak semua orang akan memasukkan @username Anda pada retweet-annya.

Trending Topics

Buka mata Anda pada trending topic dan gunakan untuk keuntungan Anda. Ini adalah cara ternaik untuk menghidupkan kembali artikel atau postingan lama tidak hanya pada follower Anda, tapi juga kepada orang lain yang mengikuti tipok-topik tersebut.

Promosi Bisnis: Jika bisnis Anda berkaitan dengan batik, semisal jual beli batik atau eksport batik, jangan lupa untuk menambahkan tag #Batik pada status update atau bahkan link ke press release yang Anda buat di situs.

Promosi Blog/Artikel: Jika Anda melihat trending topic yang berbunyi #CaraMenggangguOrang dan memiliki artikel yang berkaitan dengan hal tersebut, jangan ragu untuk segera memasukkan linkartikel itu ke status update.

@Replies

Pikirkan social media sebagai tool untuk mendengar. Salah satu fitur yang bisa Anda atur di Twitter, HootSuite, TweetDeck dan Twitter management tools lainnya adalah menyimpan hasil pencarian. Contohnya, Anda dapat mencari berdasarkan kata kunci dengan memasukkan question mark (?). Sertakan link Anda dalam @reply untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan. Meskipun orang yang bertanya tidak mendapatkan jawaban, namun peluang Anda untuk berbagi link akan jauh lebih terbuka.

Promosi Bisnis: Jika Anda seorang dokter gigi di Jakarta, simpan keyword search dokter gigi dan Jakarta. Setiap kali orang menggunakan kedua keyword tersebut dalam tweetnya, maka Anda dapat melihat mereka. Jadi jika seseorang meminta rekomendasi dokter gigi di Jakarta, maka Anda dapat melakukan @reply lengkap dengan informasi dan website Anda.

Promosi Blog/Artikel: Jika saya mengatur pencarian untuk keyword tips twitter dan melihat tweet tentang seseorang yang menginginkan penjelasan tentang Twitter, maka saya dapat mengirimkan @reply kepada mereka berisikan cara-cara atau tips tentang Twitter.

Keyword Value

Yang harus Anda ingat adalah, dengan kemampuan baru Google pada Social Search, maka meskipun link dalam tweet Anda adalah nofollow, tweet tersebut akan mendapatkan keyword value. Jadi jika Anda ingin mencoba untuk mendorong kata kunci dengan sebuah link, masukkan kata-kata tersebut dalam link di tweet Anda.

Promosi Bisnis: Jika bisnis Anda memiliki target pada “coffee shop” sebagai kata kunci utama, pastikan untuk mengirimkan tweet seperti “Check out new specials at Johnny Coffee Shop” lengkap dengan link ke situs Anda.

Promosi Blog/Artikel: Jika Anda mengirim sebuah link ke salah satu artikel dengan menggunakan judul yang ditulis ulang, trending topics, @replies dan yang lainnya, pastikan kalau kata kunci utama di artikel tersebut ada dalam tweet Anda.

Sharing on Other Networks

Ingin tweet Anda dilihat oleh lebih dari sekedar follower Anda? Ada banyak cara untuk mengatur tweet Anda agar bisa ditampilkan dalam blog Anda atau dikirimkan ke jejaring sosial lain seperti MySpace, Facebook atau LinkedIn. Langkah ini tidak hanya akan mengekspos tweet Anda ke lebih banyak orang, namun juga menjaga agar akun jejaring sosial Anda tetap terupdate. Pertimbangkan bahwa mungkin Anda memiliki follower yang sama dalam semua jaringan tersebut. Pikirkan untuk mengirimkan tweet pilihan pada beberapa network dengan menggunakan aplikasi Selective Tweet untuk tweet shared di Facebook atau gunakan #in tag untuk tweet yang dishare di LinkedIn.

So, Anda sudah menggunakan Twitter untuk mempromosikan blog atau bisnis Anda? Metode apa yang Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis atau blog Anda di Twitter?

Written by

De Thera, atau yang biasa disapa thea , saya seorang entrepreneur dan pelajar, Young Entrepreneur dan kreative business adalah minat saya , saya harap anda menyukai blog saya .. good luck dear :*

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 IdeNona. All rights resevered. Designed by IDENONA

Back To Top