Jualan Online Lebih Mudah dengan Shopify



KOMPAS.com - Menjadi pewirausaha saat ini tak lagi sulit. Anda tak lagi perlu repot-repot mencari lokasi untuk membuka usaha, dan mengeluarkan modal yang besar. Dengan memanfaatkan teknologi internet, Anda sudah bisa membuka usaha secaraonline.

Untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin berjualan secara online, SingTel (perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Singapura) dan Ideowork (e-commerce partner) menghadirkan platform e-commerce baru bernama Shopify. 

 
"Shopify adalah platfom e-commerce yang berbentuk seperti blog. Dengan demikian semua orang bisa bebas bergabung dan juga menggunakan fasilitas di dalamnya serta memodifikasi sesuai keinginan agar lebih menarik pembeli," ungkap Andi S. Boediman, Chairman Ideoworks, saat peluncuran Shopify di Koi Gallery, Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (22/8/2013) lalu.
 
Shopify sebenarnya bukan pemain baru di dunia bisnis onlinePlatform bisnis ini termasuk salah satu penyedia layanan toko online yang menampung jutaan penjual di seluruh dunia. Ia juga mengklaim bahwa Shopify berada di urutan ketiga sebagai penyedia layanan e-commerce terbesar di seluruh dunia.

"Klien-klien dari perusahaan besar di seluruh dunia juga banyak yang tergabung di Shopify. Selain itu, ada juga artis-artis yang ikut jadi penjual online di sini, misalnya Bon Jovi dan Tori Amos," jelasnya.
 
Diungkapkan Andi, keunggulan Shopify dibanding dengan marketplace lainnya adalah kemudahan untuk mengorganisasi semua tampilan dan fiturnya. Setiap merchant yang berniat membuka tokoonline di Shopify bisa meng-update semua produk jualan mereka kepada pelanggannya melalui berbagai macam media sosial yang sudah terintegrasi dengan toko onlinenya masing-masing, seperti facebook atau twitter.

Selain itu, pelanggan juga diberi kemudahan, kenyamanan, dan keamanan untuk mengelola bisnis mereka secara mobile menggunakan aplikasi Shopify App Store di ponsel pintarnya. 
 
Sampai saat ini, platform e-commerce ini sudah mengelola lebih dari 60.000 toko online yang memiliki pendapatan sampai 2 milyar dollar di 10 negara. 
 
Kepada KompasFemale, Andi mengungkapkan bahwa tidak ada syarat khusus untuk menjadi merchantdari Shopify.

"Yang pasti Anda harus mau jualan dan juga punya produk yang akan dijual. Tidak  harus produk yangcontinue. Sifatnya yang seperti blog, yang membebaskan Anda mengisi lapak Anda kapan saja dan mengaturnya sesuai kemauan. Prinsipnya kita hanya menyediakan 'lapak' yang bisa dipakai oleh siapa pun dan kapan pun," jelasnya.
 
Hanya saja, Andi berharap bahwa merchant yang bergabung di sini adalah pengusaha UKM. Dengan kemudahan akses dari platform ini, pengusaha UKM yang minim kemampuan teknologi juga bisa meningkatkan pendapatan dan menjualnya dalam skala yang lebih besar dan luas.
 
Meski baru empat bulan resmi beroperasi di Indonesia, Loo Cheng Chuan, Head of Local Life SingTel Group Digital Life, mengungkapkan bahwa ia sangat antusias dengan peluang pertumbuhan pasar e-commerce Indonesia. Kehadiran Shopify diharapkan bisa membantu pertumbuhan pengusaha kecil dan menengah untuk go global secara online, mengingat Indonesia memiliki jumlah pengguna onlineterbesar di Asia Tenggara.

Written by

De Thera, atau yang biasa disapa thea , saya seorang entrepreneur dan pelajar, Young Entrepreneur dan kreative business adalah minat saya , saya harap anda menyukai blog saya .. good luck dear :*

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 IdeNona. All rights resevered. Designed by IDENONA

Back To Top