Lima Game untuk Belajar Matematika

Penulis : Nasir

Hampir semua orang tua ingin memiliki anak yang terampil dalam disiplin ilmu tertentu, seperti matematika. Bila termasuk orang tua yang mendorong anak jago pelajaran berhitung, Anda bisa mencari bantuan dari telepon genggam.

Sebab telepon pintar zaman sekarang banyak menyediakan aplikasi yang bisa mengajarkan anak belajar matematika, seperti Mental Math. Dengan aplikasi ini, anak tidak hanya belajar, pun bermain. Karena Mental Math memang merangsang otak kiri anak dengan permainan. Seperti mengarahkan anak untuk menjatuhkan bom pada kotak angka.

Belajar sambil bermain, begitulah prinsip aplikasi ini. Dan berdasarkan penelusuran Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia, ada beberapa fitur yang serupa dengan Mental Math:

Thinkstock

1.    Kids Numbers and Math
Aplikasi gratis ini bisa Anda unduh melalui Google Play dengan bobot file dua megabyte. Kids Number and Math ditujukan bagi anak prasekolah, agar mereka bisa mengenal angka, berhitung, dan mencocokkan angka. Pelajarannya pun mudah diserap karena nomor yang tertera diucapkan dengan suara keras. Apalagi penyampaian pelajaran melalui permainan yang kaya warna serta bentuk. Membuat anak tak mudah bosan.

2.    Arithmetics for Kids
Aplikasi Arithmetics for Kids adalah permainan edukasi yang menghibur anak kala belajar matematika, Sehingga sang buah hati tak merasakan tertekan. Cara memainkan game ini, anak mesti menghubungkan tiga angka yang berdekatan. Bisa dengan cara pengurangan atau penambahan, sehingga hasilnya akan sama dengan jumlah target.

Meski mudah, permainan ini mempunyai tantangan tersendiri. Seperti anak harus memecahkan sejumlah perhitungan sebelum waktu habis. Tujuannya, agar anak bisa berhitung cepat, kosentrasi, dan fokus.

Dengan ukuran file 2,3 megabyte, Anda bisa mengunduh Arithmetics for Kids melalui GooglePlay. Dan agar game berjalan sempurna, Anda harus menginstal Adobe Air 2.6.

3.    Droid Math 4 Kids
Permainan ini sangat mudah untuk anak-anak. Sebab si anak hanya perlu menggabungkan dua angka yang berdekatan untuk menghasilkan nilai yang sama dengan nomor pada kotak hijau. Jika anak tidak dapat menyamakan angka, tombol petunjuk akan membantu.

Sayangnya permainan ini dilengkapi dengan suara ejekan kala anak tak berhasil memecahkan persoalan. Untuk anak-anak yang kurang percaya diri, mungkin suara-suara itu bisa mempengaruhi minat mereka bermain.

Sisi positifnya, aplikasi yang bisa diunduh dari GooglePlay ini dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung cepat. Pun membantu mereka untuk meningkatkan logika dan memecahkan masalah.

4.    Counting Scout
Counting Scout merupakan petualang berhitung matematika yang menyenangkan dan menarik.
Permainan edukasi ini berbasis logika dan petualangan, sebab mengajak anak mendaki, menyusuri jejak, dan mengumpulkan atribut. Semua itu demi menaikan level permainan.

Untuk  memainkannya, sang anak hanya perlu menyelesaikan problem matetmatika dasar dan nilai atribut yang terdapat dalam ransel. Setelah mendapatkan atribut, permainan akan naik ke tingkat berikutnya.

5.    Kids Math Game
Aplikasi ini dapat membantu anak untuk belajar matematika dengan operasi dasar penjumlahan. Untuk anak empat sampai tujuh tahun, Kids Math Game bisa menjadi komponen belajar anak, pendidikan, dan buku belajar.

Jenis permainannya pun beragam. Seperti adu cepat, tepat, ketangkasan, daya ingat, kecerdikan, asah otak, serta lainnya. Dan yang pasti, semua permainan berisi angka-angka. Sehingga anak tak hanya mendapatkan kesenangan dalam bermain, juga ilmu matematika.

Written by

De Thera, atau yang biasa disapa thea , saya seorang entrepreneur dan pelajar, Young Entrepreneur dan kreative business adalah minat saya , saya harap anda menyukai blog saya .. good luck dear :*

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 IdeNona. All rights resevered. Designed by IDENONA

Back To Top