Apa Yang dimaksud Cryptocurrency ?

Crypto currency adalah mata uang digital desentralisasi dan dikelola oleh teknologi peer-to-peer. Pelaksanaannya bergantung pada prinsip-prinsip kriptografi untuk memvalidasi transaksi dan generasi mata uang itu sendiri.

Saat ini, semua crypto-currency adalah mata uang alternatif, karena tidak ada negara yang telah mengadopsi nya sebagai alternatif mata uang fiat. Karena ini, nilainya tidak dapat dipengaruhi atau terjadi inflasi oleh sebab bank sentral. Nilainya ditentukan oleh penawaran dan permintaan di pasar, demikian berperilaku seperti emas dan logam mulia lainnya.

Kebanyakan crypto-currency dirancang  secara bertahap untuk memperkenalkan unit baru mata uang, memastikan  jumlah tetap total uang yang akan pernah beredar. Hal ini dilakukan baik untuk meniru kelangkaan (dan nilai) dari logam mulia dan menghindari hiperinflasi. Dibandingkan dengan mata uang fizik yang diselenggarakan oleh lembaga keuangan atau disimpan sebagai kas, crypto-currency adalah kurang rentan terhadap disita oleh penegak hukum.

Transaksi crypto-currency yang anonim dan hampir tidak bisa dilacak, telah menciptakan ceruk pasar untuk transaksi ilegal seperti narkoba. Karena tidak ada repositori pusat, baik penegak hukum maupun pemroses pembayaran memiliki yurisdiksi untuk membekukan rekening pengguna crypto-currency. Namun, bagi para pendukung crypto-currency, anonimitas ini adalah salah satu kekuatan utama teknologi ini karena memungkinkan untuk pergeseran kekuasaan dari lembaga untuk individu, meskipun penyalahgunaannya untuk tujuan terlarang.

Daftar Crypto-currency dengan Kapitalisasi Pasar pada November 2013

Mata uang
Kode
Tahun Est.
Pendiri
Situs web
Kapitalisasi Pasar
Bitcoin
BTC
2009
Anonymous (Satoshi Nakamoto)
~ USD9.3billion
Litecoin
LTC
2011
Coblee
~ USD1billion
Peercoin
PPC
2012
Sunny King
~ USD43.3million

Cryptocurrencies memiliki persediaan terbatas, yang mencegah inflasi tetapi menjadikan mereka rentan terhadap bentuk eksploitasi, seperti spekulasi.
Ide cryptocurreny pertama diperdebatkan oleh Wei Dai pada tahun 1998.





sumber : zestan

Pasar Khusus` Transaksi Bitcoin Kini Hadir di Indonesia

Tak adanya pengakuan Bank Indonesia (BI) terhadap penggunaan Bitcoin dan virtual money tidak menghalangi para penggiat untuk terus melakukan transaksi. Bahkan kini para pengguna bitcoin telah membuat pasar tersendiri di tanah air bernama Bitcoin Marketplace. 

Keputusan ini tak terlepas dari peningkatan volume dan jumlah transaksi bitcoin di Tanah Air. Melalui kehadiran tempat jual beli online itu, pertukaran bitcoin di Indonesia tidak lagi berpatokan pada standar nilai tukar internasional.

Peluncuran bitcoin marketplace yang digelar di Jakarta, Sabtu (15/2/2014) ditujukan agar bitcoin Indonesia memiliki nilai tukar yang lebih independen dan murni serta hanya bergantung pada permintaan dan pasokan domestik. Dengan begitu, kemungkinan besar bitcoin Indonesia akan memilki pergerakan pasar yang berbeda dengan Amerika Serikat (AS).

"Dengan keberhasilan peluncuran Bitcoin Marketplace ini, kami yakin volume transaksi di Indonesia akan mencapai minimal 100 BTC per harinya," ungkap CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan.

Dengan kehadiran Bitcoin Marketplace, para pengguna di Indonesia diharapkan tak lagi bergantung pada perputaran bitcoin dan dolar AS. Selama ini, nilai nilai tukar bitcoin di Indonesia memang masih mengacu pada bitcoin dan dolar AS. 

Saat ini, China merupakan salah satu negara pengguna bitcoin yang telah memiliki pergerakan pasar sendiri.

Oscar menjelaskan, kehadiran Bitcoin Marketplace dapat membuat pembeli dan penjual mata uang ikut terlibat sebagai penentu nilai tukar bitcoin di Indonesia. Pengaruh terbesar dari kemunculan Bitcoin Marketplace ini adalah selisih transaksi yang kian menipis mendekati nol.

Peluncurannya juga diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengguna bitcoin secara signifikan. Maklum, di tengah ketidakpahaman masyarakat mengenai bitcoin, jumlah penggunanya justru tercatat mengalami peningkatan.

Untuk menggenjot Bitcoin Marketplace, Bitcoin Indonesia mengaku telah menyiapkan strategi khusus diantaranya mengajak para blogger dan internet marketer untuk ikut berpromosi. Imbalannya, para blogger dan internet marketer dapat memperoleh komisi sebesar 25% dari akumulasi biaya transaksi member yang direferensikan.(Sis/Shd)
sumber : liputan6

The Startup Triangle, 3 Orang Yang Dibutuhkan Untuk Membangun Startup Yang Sukses Oleh @Tyovan

Editor’s Note: Artikel ini ditulis oleh Tyovan Ari WidagdoMahasiswa tingkat semester akhir Binus University ini merupakan CEO Vemobo dan Country Manager dari Dolphin Browser. Tyovan aktif dalam mengkampanyekan youngpreneurship kepada generasi muda di Indonesia melalui berbagai kegiatan seminar dan penulisan.
startup triangle
Membangun sebuah startup (perusahaan rintisan) tidak semudah yang dibayangkan, ada banyak hal yang akan kalian hadapi kedepan. Startup yang kuat juga harus memiliki tim yang kuat dan mau berkerja bersama untuk mencapai tujuan startup tersebut.
Kamu bisa memulai membangun startup tanpa tim, ya kamu bisa mengusahakan semuanya sendiri dan bekerja keras untuk mewujudkan startupmu ini sebagai single fighter. Tapi ingat, bekerja membangun startup sendirian sebagai single fighter itu berat sekali.
Saya memulai Vemobo saat masih kelas 1 SMA, saat itu produk pertama yang saya bikin berupa portal informasi untuk kota Wonosobo bernama ewonosobo.com. Pada saat awal membangun portal tersebut saya melakukan segalanya sendirian. Menyiapkan mesin CMS, membuat design website, membuat content, melengkapi data, marketing, cari iklan, PR dan sebagainya saya lakukan sendiri.
Pada saat itu saya belum berpikiran untuk membentuk sebuah tim, saya ingin melakukan semua sendiri, dan tahukah apa yang saya alami saat itu ? ya saya berkerja bagaikan robot, saya menghabiskan waktu hampir 24 jam untuk startup saya tersebut, pada saat itu saya hanya tidur sehari maksimal 3 jam. Konsekuensi saya yang lain yaitu saya harus rela menjadi murid terdepan untuk mendapat teguran dari guru-guru saya waktu itu karena nilai-nilai mata pelajaran saya yang sangat jeblok, ya saya adalah murid dengan ranking nomor 2 dari bawah.
Saya hampir tak punya waktu untuk bermain saat itu, tidur pagi, berangkat sekolah selalu telat, pulang sekolah harus buka komputer sampai larut, tidur pagi, dan berangkat sekolah telat lagi. Itulah keseharian saya dulu.
Saya tidak kebayang beratnya hidup saya pada saat itu. Itu semua karena saya memulai semuanya sendirian, tanpa tim!
Nah saya selalu bilang ke teman-teman dikampus agar membuat tim terlebih dahulu jika ingin membangun sebuah startup yang kuat, bukan berarti sendirian tidak bisa membangun startup yang kuat, tetapi dengan tim kamu bakalan lebih ringan dalam mengerjakan segalanya.
Saya setuju dengan konsep dari Michael Thomas bahwa ada 3 hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin membangun tim untuk startup kamu.
3 Hal yang disebut sebagai The Startup Triangle Team ini adalah :

1. Hustler

Hustler merupakan istilah bagi orang dalam sebuah startup yang memiliki tanggung jawab untuk pengembangan bisnis. Jangan identikan startup sebagai membangun sebuah teknologi baru yang keren sehingga kamu hanya akan fokus kepada teknologi. Membangun sebuah startup harus memilki landasan bisnis yang kuat.
Landasan bisnis yang kuat akan membuat startup kamu bertumbuh dan cepat dalam mencapai visi misi yang telah ditetapkan. Fokuslah kepada market dan seorang hustler harus mengetahui apa yang diinginkan oleh market (pasar / calon customer kita).
Saat memulai membangun startup, hustler harus fokus pada hal-hal berikut :
Customer Development
Hustler harus bertemu dan berbicara langsung dengan calon customer, bicaralah kepada mereka dan tanyakan apakah mereka betul-betul butuh dengan solusi yang kalian buat. Apakah mereka mau membeli atau memakai apa yang kalian ciptakan. Bicaralah kepada banyak orang setiap hari, dan dengarkan masukan-masukan dari calon customermu itu.
Product Management
Tanyakan kepada calon customermu, fitur-fitur apa saja yang mereka inginkan, taruh masukan dari customer tersebut kedalam product roadmap untuk membangun fitur produk startupmu.
Selling
Setelah melakukan customer development, saatnya untuk berjualan! ya jualah jasa atau produk startupmu kepada calon customer potensialmu. Jika kamu bikin produk yang berbasis consumer, mulailah fokus dalam mencari investor untuk fundraising, jual idemu dan tawarkan kerjasama kepada calon investor.
Blogging
Belajarlah menulis, tulislah semua masalah melalui blog startupmu tentang apa yang sedang terjadi saat ini, dan dengan kehadiran startupmu apa solusi yang bisa dibawa. Selain blog, maksimalkan penggunaan sosial media untuk membangun channel startupmu. Beberapa hal tersebut akan membuat brand atau citra startupmu memiliki value dimata customer atau orang lain.
Recruiting
Saat startupmu mulai tumbuh, fokuskan pada membangun SDM yang kuat, carilah SDM yang memiliki kemampuan dalam skill yang kamu butuhkan, pastikan dia memiliki passion dan kemauan untuk belajar. Carilah orang yang bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan dan perubahan.

2. Hipster

Hipster adalah istilah lain dari designer, dalam mengawali startup kamu juga harus memiliki orang yang mengerti tentang design, mengerti tentang bagaimana mencitrakan perusahaanmu sebagai sebuah brand yang keren. Sejatinya manusia itu lebih tertarik dengan sesuatu yang bersifat visual.
Hipster harus memiliki pengetahuan dalam membuat sesuatu agar tampak keren, dia juga harus bisa menerjemahkan keinginan user kedalam sebuah user experience produk startupmu.
Hal-hal yang harus diperhatikan hipster saat memulai adalah:
Buatlah Landing Page
Penting bagi startup saat mengawali membangun produk juga harus membuat sebuah landing page. Untuk apa ? landing page bisa berguna untuk memvalidasi ide, menerangkan apa yang sedang kalian lakukan, meng-grab calon customer potensial yang tertarik dengan produk startupmu.
Landing page yang dibuat haruslah memiliki product description, beautiful image atau screenshot, pricing, link social media atau blog, dan yang paling penting adalah form registrasi untuk mendapatkan data nama dan email customer.
Product Desain
Hipster harus berkerja bersama dengan hustler untuk menentukan dan mendesain fitur-fitur apa saja yang ingin diberikan kepada customer, buatlah mockup atau wirefrime menggunakan tool-tool seperti Balsamiq, Invision, JustInMind, KeyNote atau OmniGraffle.
Design Testing
Untuk melakukan testing, pasanglah mockup-mockup tersebut pada landing page yang telah dibuat, ajaklah hustler untuk menemui calon customer dan terangkan kepada mereka mengenai bentuk produk yang akan kalian tawarkan, mintalah input dari mereka.
Branding
Hal tak kalah penting adalah menentukan nama brand startupmu dan buatlah logonya. Selain itu buatlah desain-desain lain yang akan mendukung pencitraan startup kamu.
Technical
Jika tim hipster mu tidak mengerti hal-hal teknis, nah sekarang saatnya untuk belajar frontend Technical seperti HTML, Javascript, JSON, Ajax dll. Hal ini penting agar desain produk yang kamu buat juga bisa di convert dalam bentuk yang siap di olah oleh programmer.

3. Hacker

Tim terakhir yang harus ada saat memulai startup yaitu Hacker! ya dialah yang akan bertanggung jawab dalam hal teknologi. Hacker haruslah orang yang sangat cinta dengan dunia programming, selalu update dengan teknologi-teknologi terbaru, dan yah carilah hacker yang bisa diajak untuk berkomunikasi dengan mudah.
Terkadang sebuah startup memiliki talent yang hebat dalam hal teknologi, tetapi acapkali sulit untuk diajak kerjasama dalam membangun produk. Sekali lagi, carilah hacker yang mau dan memiliki tekad kuat untuk bertumbuh dengan startup yang sedang kalian rintis. Fokus utama hacker adalah pada produk, produk dan produk

sumber : startupbisnis

The Merit Shop, Toko Online yang Gunakan Kreativitas Sebagai Alat Pembayaran

Secara sekilas, toko online The Merit Shop memang tak ubahnya seperti toko-tokoonlinekebanyakan. Hanya saja, The Merit Shop tidak menerima uang sebagai alat pembayarannya, mereka hanya menginginkan sebuah video pendek yang menampilkan kreativitas para pembelinya. Masih bingung?
Jika Anda membuka situs themeritshop.org, Anda akan melihat beberapa barang yang dijual. Mulai dari sarung tangan, bola rugby, sepatu, IPOD, hingga satu kilogram beras. Menariknya, tidak ada harga yang tertera di sana. Anda hanya diminta mengunggah video kreatif sebagai alat tukar dengan barang yang Anda inginkan.
Pikirkan dengan baik, hal kreatif apa yang bisa Anda lakukan, hingga akhirnya sang admin mengakui bakat, kreativitas, atau apapun yang Anda tawarkan dan menyerahkan barang tersebut kepada Anda.
Dibuat oleh duo seniman digital asal San Francisco, Soares dan Pedro Sampaio, niat mereka membuka toko ini hanya untuk sebuah percobaan. Mereka ingin mengetahui, seberapa besar reaksi publik dunia maya terhadap hal tersebut.
Kami melihat ini hanya sebagai percobaan, dan ingin mengetahui, bagaimana orang bereaksi, terang Soares, seperti dikutip dari Mashable.
Tidak hanya itu, Soares juga mengaku, bahwa uang bukanlah segala-galanya, karena masih banyak hal berharga lainnya. Misalnya kreativitas, bakat, dan tentunya senyuman. Itu jauh lebih penting untuk dimiliki setiap individu. Dan dengan toko ini, ia berharap akan banyak orang yang menyadari pentingnya hal tersebut.
Kami tidak ingin mengubah dunia, tapi kami siap menaruh senyum di wajah orang-orang. Itu merupakan hal yang tak ternilai harganya. Seperti toko kami, tukas Soares.
Jadi kami melakukan eksperimen untuk mengingatkan orang-orang, bahwa  masih banyak hal-hal yang jauh lebih penting daripada uang, tegas Soares lagi.
Menurutnya, secara tidak langsung uang telah membagi dunia menjadi beberapa klasifikasi, kasta, atau apapun bahasanya yang bisa menghilangkan sifat-sifat sosial manusia.
Penasaran seperti apa The Merit Shop itu? Jika ya, Anda bisa mengkliknya dithemeritshop.org dan lihat, seberapa kreatif para pembeli toko tersebut jika dibandingkan dengan Anda. (marketing.co.id/bn)

sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/international-product/the-merit-shop-toko-online-yang-gunakan-kreativitas-sebagai-alat-pembayaran

Ide Brilian Usaha Cetak Foto Instagram

printerous

Siapa sih yang nggak tahu Instagram, aplikasiphoto-sharing paling populer di jagat maya? Tertarik untuk mencetak foto-foto di Instagram sekadar untuk koleksi atau perangkat penjualan? Kini ada perusahaan yang menjual layanan cetak foto Instagram.
Kepopuleran aplikasi ini memberikan ide bagi beberapa pengusaha di luar negeri untuk membuat usaha percetakan foto Instagram. Untuk di Indonesia? Mungkin belum banyak. Nah, empat perusahaan ini mungkin bisa menjadi inspirasi Anda untuk menggarap peluang usaha cetak foto instagram.
Printstagr.am: ­­perusahaan ini menawarkan berbagai media untuk mencetak foto Instagram. Dari mulai cetak foto kertas biasa hingga cetak kalender. Printstagr.am juga menyediakan aplikasi yang terintegrasi dengan akun Instagram agar memudahkan pengguna melakukan pemesanan dan memasukkan foto-foto yang akan dicetak ke perpustakaan Printstagram.
Printerous.com: Nah, ini percetakan foto Instagram lokal Indonesia dengan Kevin Osmond sebagai CEO-nya. Mirip Prinstagram, Printerous menawarkan berbagai media cetak foto Instagram misalnya,canvas art, stiker bahkan magnet kulkas. Karena lokasinya di Indonesia, tentu ongkos cetak dan kirimnya sesuai dengan kantong pelanggan Indonesia.
Castegram.com: Kini eranya personalisasi. Orang-orang di mana pun ingin mengekspresikan kepribadiannya yang unik selagi mereka punya kesempatan. Kini, mereka bisa mengekspresikannya bahkan lewat casing ponselnya.
Castegram, pusatnya personalisasi casing ponsel dan tablet. Pelanggan bisa mengunduh aplikasi gratis seperti halnya Printstagram, dan mengintegrasikannya dengan foto-foto sehingga pengguna bisa merancang dan memesan casing unik yang diinginkan.
Castegram juga menawarkan integrasi dengan Facebook selain akses Instagram, siapa tahu pengguna ingin menggunakan juga  foto-fotonya yang di Facebook. Bahkan pengguna berpeluang mendapatkan uang dari foto-foto yang mereka jepret dengan menjualnya di Castegram. Keren, kan
Prinkl.com: Perusahaan yang satu ini agak berbeda dengan kedua perusahaan di atas. Prinkl.com tidak benar-benar mencetak foto. Prinkl.com melihat peluang usaha print-your-own photo belum tersentuh dan memiliki potensi pasar.
Dengan Prinkl.com pengguna bisa mendesain dan mencetak gambar sendiri. Foto-foto hasil rancangan kemudian disimpan dalam bentuk PDF berkualitas tinggi dan bisa diunduh sehingga pengguna bisa mencetaknya setiap saat di percetakan lokal atau mesin cetak sendiri. Cara ini tentu bisa membuat pelanggan lebih hemat biaya cetak.
Kepopuleran Instagram, khususnya di Indonesia, masih membuka peluang bagi para pengusaha yang ingin terjun di bisnis percetakan foto. Tertarik untuk mencoba usaha di bidang ini?
Sumber: Entrepreneur| Foto: Printerous : http://www.marketing.co.id/ide-brilian-usaha-cetak-foto-instagram/

tips startup womenpreneur

pagi nona lovers .. nih ada tips video bagi nona-nona skalian yg ingin terjun di dunia startup .. 




sukses ya guys .. 
jangan lupa share pengalaman dan ide2 kalian disni .. okey .. :)


Jualan Online Lebih Mudah dengan Shopify



KOMPAS.com - Menjadi pewirausaha saat ini tak lagi sulit. Anda tak lagi perlu repot-repot mencari lokasi untuk membuka usaha, dan mengeluarkan modal yang besar. Dengan memanfaatkan teknologi internet, Anda sudah bisa membuka usaha secaraonline.

Untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin berjualan secara online, SingTel (perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Singapura) dan Ideowork (e-commerce partner) menghadirkan platform e-commerce baru bernama Shopify. 

 
"Shopify adalah platfom e-commerce yang berbentuk seperti blog. Dengan demikian semua orang bisa bebas bergabung dan juga menggunakan fasilitas di dalamnya serta memodifikasi sesuai keinginan agar lebih menarik pembeli," ungkap Andi S. Boediman, Chairman Ideoworks, saat peluncuran Shopify di Koi Gallery, Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (22/8/2013) lalu.
 
Shopify sebenarnya bukan pemain baru di dunia bisnis onlinePlatform bisnis ini termasuk salah satu penyedia layanan toko online yang menampung jutaan penjual di seluruh dunia. Ia juga mengklaim bahwa Shopify berada di urutan ketiga sebagai penyedia layanan e-commerce terbesar di seluruh dunia.

"Klien-klien dari perusahaan besar di seluruh dunia juga banyak yang tergabung di Shopify. Selain itu, ada juga artis-artis yang ikut jadi penjual online di sini, misalnya Bon Jovi dan Tori Amos," jelasnya.
 
Diungkapkan Andi, keunggulan Shopify dibanding dengan marketplace lainnya adalah kemudahan untuk mengorganisasi semua tampilan dan fiturnya. Setiap merchant yang berniat membuka tokoonline di Shopify bisa meng-update semua produk jualan mereka kepada pelanggannya melalui berbagai macam media sosial yang sudah terintegrasi dengan toko onlinenya masing-masing, seperti facebook atau twitter.

Selain itu, pelanggan juga diberi kemudahan, kenyamanan, dan keamanan untuk mengelola bisnis mereka secara mobile menggunakan aplikasi Shopify App Store di ponsel pintarnya. 
 
Sampai saat ini, platform e-commerce ini sudah mengelola lebih dari 60.000 toko online yang memiliki pendapatan sampai 2 milyar dollar di 10 negara. 
 
Kepada KompasFemale, Andi mengungkapkan bahwa tidak ada syarat khusus untuk menjadi merchantdari Shopify.

"Yang pasti Anda harus mau jualan dan juga punya produk yang akan dijual. Tidak  harus produk yangcontinue. Sifatnya yang seperti blog, yang membebaskan Anda mengisi lapak Anda kapan saja dan mengaturnya sesuai kemauan. Prinsipnya kita hanya menyediakan 'lapak' yang bisa dipakai oleh siapa pun dan kapan pun," jelasnya.
 
Hanya saja, Andi berharap bahwa merchant yang bergabung di sini adalah pengusaha UKM. Dengan kemudahan akses dari platform ini, pengusaha UKM yang minim kemampuan teknologi juga bisa meningkatkan pendapatan dan menjualnya dalam skala yang lebih besar dan luas.
 
Meski baru empat bulan resmi beroperasi di Indonesia, Loo Cheng Chuan, Head of Local Life SingTel Group Digital Life, mengungkapkan bahwa ia sangat antusias dengan peluang pertumbuhan pasar e-commerce Indonesia. Kehadiran Shopify diharapkan bisa membantu pertumbuhan pengusaha kecil dan menengah untuk go global secara online, mengingat Indonesia memiliki jumlah pengguna onlineterbesar di Asia Tenggara.

 

© 2013 IdeNona. All rights resevered. Designed by IDENONA

Back To Top