Inapay

2012, Transaksi Online Shopping di Indonesia USD 4,1 miliar

http://images.detik.com/content/2012/02/29/319/online-shopping.jpgJakarta - Di Indonesia, transaksi jual beli secara online trennya terus meningkat. CEO PT Indonesia Payment Solution, Ivan Sebastian mengatakan, total finansial transaksi online pada 2010 lalu saja tercatat sebesar USD 3,4 miliar.

"Jumlah ini akan terus meningkat seiring dengan pengguna internet di Indonesia yang terus bertambah," kata dia dalam keterangan tertulis kepadadetikINET, Rabu (29/2/2012).

Adapun, jenis produk terbanyak dalam transaksi online adalah kategori gadget dan barang-barang elektronik seperti tablet PC, smartphone, dan spareparts komputer. Di urutan kedua adalah kategori barang-barang hobbi atau kolektor seperti alat-alat sport, games, dan aksesoris.

"Tahun 2012 total finansial transaksi online ditaksir mencapai USD 4,1 miliar. Ini sebuah peluang dimana Inapay hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penjual maupun pembeli," kata Ivan.

Keamanan

Meningkatnya transaksi jual beli secara online membuat pembeli (buyer) dan penjual (seller) semakin membutuhkan jasa perantara atau mediator pembayaran dalam transaksi online tersebut.

"Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kami meluncurkan Inapay, sebuah sistem pembayaran yang bertujuan melindungi buyer dan seller dalam bertransaksi jual beli online," kata Ivan.

Inapay sendiri sebenarnya sudah beroperasi sejak 3 Oktober 2011 lalu dan target konsumennya adalah perorangan (buyer/seller) yang melakukan transaksi online. Layanan Inapay bisa didapat melalui situswww.inapay.com.

Untuk dapat menikmati layanan Inapay, baik buyer maupun seller telah sepakat melakukan transaksi jual beli online cara pembayarannya melalui Inapay.

Secara teknis, setelah ada transaksi, buyer mengirimkan uang pembayaran barang kepada Inapay dan mengkonfirmasikannya melalui sistem Inapay. Kemudian Inapay akan memverifikasi apabila dana sudah masuk di rekening Inapay, selanjutnya sistem Inapay akan mengkonfirmasikan kepada seller bahwa buyer telah melakukan pembayaran.

Setelah itu, seller mengirimkan barang kepada buyer dan mengkonfirmasikan pengiriman barangnya kepada buyer melalui sistem Inapay. Pengiriman barang (delivery) dilakukan oleh jasa pengiriman yang bisa di-tracking seperti TIKI, Pos Indonesia dan JNE.

Jika buyer telah menerima barang, maka buyer mengkonfirmasi penerimaan barang tersebut lewat sistem Inapay dan selanjutnya Inapay akan melakukan pembayaran kepada seller. Dalam rangka promosi, seller maupun buyer tidak dikenakan biaya apapun alias gratis atas layanan Inapay.

"Dengan adanya Smart-Id Inapass dan sistem yang ada di Inapay, kami menjamin keamanan bertransaksi bagi penjual dan pembeli bila menggunakan Inapay karena semua data transaksi telah tersistem dan tercatat di database kami. Apabila terjadi penipuan yang dilakukan oleh penjual, kami akan megembalikan uang secara penuh kepada pembeli tanpa dikurangi biaya apapun," jelas Ivan.

Di samping benefit kepastian pengiriman barang kepada buyer maupun kepastian pembayaran kepada seller, Inapay menyediakan fasilitas laporan histori transaksi yang bisa dilihat dalam periode hari, bulan dan tahun.

Upaya memperbanyak kategori produk dilakukan dengan terus menambah jumlah seller. Pihaknya juga giat melakukan edukasi branding untuk menggaet lebih banyak buyer. Saat ini Inapay telah menjalin partnership dengan VGI dan Hotgame

"Tahun ini target Inapay adalah memfasilitasi para seller dan buyer yang aktif melakukan transaksi jual beli di forum-forum jual beli, web personal, blog dan marketplace di seluruh Indonesia," tandas Ivan Sebastian.
Lebih jauh, kehadiran Inapay diharapkan dapat menekan jumlah kasus penipuan yang terjadi pada transaksi online yang disinyalir masih sering terjadi setiap harinya di Indonesia.#niceidea #nicethink

sumber : http://inet.detik.com/read/2012/02/29/082349/1854134/319/2012-transaksi-online-shopping-di-indonesia-usd-41-miliar

Written by

De Thera, atau yang biasa disapa thea , saya seorang entrepreneur dan pelajar, Young Entrepreneur dan kreative business adalah minat saya , saya harap anda menyukai blog saya .. good luck dear :*

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 IdeNona. All rights resevered. Designed by IDENONA

Back To Top