6 Jurus Menemukan Ide Bisnis Online

Sebuah ide bisnis yang baik akan mengantarkan calon penjual ke jalan menuju kesukses berbisnis. Tentunya, ide tersebut harus didukung dengan ketekunan dalam mendirikan dan menjalankannya. Termasuk, bisnis online.
Calon penjual memerlukan kemampuan berinovasi untuk memutuskan sebuah ide bisnisonline. Selain itu, ide bisnis online harus mengandung konsep bisnis yang unik dan bisa menghasilkan profit. Selain inovasi, ada beberapa hal yang harus calon penjual perhatikan sebelum memutuskan mana ide terbaik yang bisa dijadikan bisnis online.
  1. Punya unique selling point
    Siapa pun yang berencana menjalankan bisnis lewat internet ingin produknya cepat terkenal dan diinginkan banyak orang. Bagaimana caranya? Buatlah unique selling point. Menurut Kamus Cambridge, unique selling point atau biasa juga dikenal denganunique selling proposition (USP) adalah hal unik yang dimiliki sebuah produk sehingga membuat produk tersebut berbeda, bahkan lebih baik dari yang lain.
  2. Berhubungan dengan hobi
    Sebaiknya, bisnis online yang akan dijalankan berkaitan dengan hobi dan minat si penjual. Alasannya, penjual akan lebih mudah menjalankannya karena sudah mengerti betul tentang ‘dunia’ dari hobi tersebut. Selain itu, potensi penjual punya komunitas sendiri yang berhubungan dengan minat atau hobinya cukup besar. Komunitas tersebut dijadikan target pasar utama dalam memasarkan produk.
  3. Brainstorming dan selalu buat pertanyaan skeptis
    Jadilah pebisnis yang bijaksana dan visioner. Brainstorming atau ‘penggodokan’ ide sebelum atau bahkan saat menjalani bisnis online merupakan hal utama yang perlu dilakukan. Calon penjual bisa memulainya dengan pertanyaan-pertanyaan skeptis, seperti ‘apa yang akan menjadi tren di masa depan?’, ‘masalah apa yang akan sering bermunculan di masa depan?’. Atau, calon penjual juga bisa memerhatikan orang-orang yang ada di sekitar. Kemudian, ia melihat apa permasalahan utama dalam kehidupannya sehari-hari dan temukan solusinya. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, ide bisnis online yang lebih matang bisa muncul.
  4. Riset pasar
    Agar lebih yakin, calon penjual pun bisa melakukan analisis terhadap permintaan pasar di dunia maya. Dari tahap ini, akan terlihat seberapa besar potensi ide bisnisonline tersebut untuk berhasil dan menguntungkan di tengah masyarakat.
  5. Lihat finansial dan buat rencana usaha
    Perhatikan jumlah modal yang dimiliki dan jumlah modal yang akan dikeluarkan untuk memulai bisnis online. Memang, ada beberapa bisnis online yang tidak memerlukan modal yang besar. Namun, tak sedikit pula bisnis online yang memerlukan perhitungan cerdas dan matang supaya bisa dijalankan. Dari sini, calon penjual dapat membuat sebuah rencana usaha yang lebih realistis.
  6. Stok solusi
    Setelah menemukan ide bisnis online yang diproyeksikan akan sukses, calon penjual bisa memulainya dengan membuat daftar solusi atas permasalahan-permasalahan yang diprediksi akan ditemukan saat memulai, menjalankan, hingga mempertahankan bisnis online tersebut.
***

Written by

De Thera, atau yang biasa disapa thea , saya seorang entrepreneur dan pelajar, Young Entrepreneur dan kreative business adalah minat saya , saya harap anda menyukai blog saya .. good luck dear :*

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 IdeNona. All rights resevered. Designed by IDENONA

Back To Top