Masa Depan Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dibuat dan dikelola melalui penggunaan teknik enkripsi canggih yang dikenal sebagai kriptografi. Cryptocurrency berkembang  dari hanya sekedar konsep akademis menjadi sebuah  kenyataan dengan penciptaan Bitcoin pada tahun 2009. Sementara Bitcoin menarik pertumbuhan  di tahun-tahun berikutnya, Bitcoin mendapatkan  investor yang signifikan dan juga perhatian media pada April 2013 ketika ia memuncak pada rekor $ 266 per bitcoin setelah melonjak 10 kali lipat dalam dua bulan sebelumnya. Bitcoin memakai nilai pasar hingga sebesar $ 2 milyar pada puncaknya, tapi kemudian terjun 50% tak lama kemudian setelah munculnya perdebatan sengit tentang masa depan cryptocurrencies pada umumnya dan pada khususnya Bitcoin. Jadi, akankah mata uang alternatif ini akhirnya menggantikan mata uang konvensional dan menjadi seperti  dolar dan euro suatu hari nanti? Atau apakah  cryptocurrencies ini hanyalah sebuah trend yang  akan pudar suatu saat nanti? Jawabannya terletak pada Bitcoin.
Bitcoin – Standar Saat ini
Bitcoin adalah mata uang desentralisasi yang menggunakan teknologi peer-to-peer, yang memungkinkan semua fungsi seperti penerbitan mata uang, yangmana proses transaksi dan verifikasi harus dilakukan secara kolektif oleh jaringan. Sementara desentralisasi ini membuat Bitcoin bebas dari manipulasi atau campur tangan pemerintah, sisi sebaliknya adalah bahwa tidak ada otoritas sentral untuk memastikan bahwa segala sesuatunya berjalan lancar atau untuk mendukung nilai Bitcoin itu sendiri. Bitcoins diciptakan digital melalui proses  “pertambangan” yang membutuhkan komputer yang kuat untuk memecahkan algoritma kompleks dan angka-angka krisis. Mereka saat ini dibuat pada tingkat 25 Bitcoins setiap 10 menit dan akan ditutup pada tingkat 21 juta, tingkat yang diharapkan dapat dicapai pada 2140.
Karakteristik ini membuat Bitcoin secara fundamental berbeda dari mata uang kertas, yang didukung oleh kepercayaan penuh dan kredit pemerintah nya. Penerbitan mata uang fiat adalah kegiatan yang sangat terpusat  yang diawasi oleh bank sentral suatu negara. Sementara bank mengatur jumlah mata uang yang dikeluarkan sesuai dengan tujuan kebijakan moneter, secara teoritis tidak ada batas atas untuk jumlah penerbitan mata uang tersebut. Selain itu, deposit mata uang lokal umumnya diasuransikan terhadap kegagalan bank oleh badan pemerintah. Bitcoin, di sisi lain, tidak memiliki mekanisme dukungan seperti itu.  Nilai Bitcoin adalah sepenuhnya tergantung pada kemauan  investor untuk bersedia membayar  pada suatu titik waktu tertentu. Selain itu, jika pertukaran Bitcoin melipat, klien dengan saldo Bitcoin tidak dapat mendapatkan bitcoin mereka kembali.
Meningkatkan Pengawasan
Manfaat utama Bitcoin tentang desentralisasi dan anonimitas transaksi juga telah menjadikannya mata uang favorit untuk sejumlah kegiatan ilegal termasuk pencucian uang, menjajakan narkoba, penyelundupan dan pengadaan senjata. Hal ini telah menarik perhatian lembaga pemerintah yang kuat dan peraturan lainnya seperti Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN), SEC, dan bahkan FBI dan Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS). Pada Maret 2013, FinCEN mengeluarkan aturan yang mendefinisikan pertukaran mata uang virtual dan administrator sebagai bisnis jasa uang, membawa mereka dalam lingkup peraturan pemerintah. Pada bulan Mei tahun 2013, DHS membekukan account dari Mt. Gox – pertukaran Bitcoin terbesar – yang waktu itu berdiri di Wells Fargo, menyatakan bahwa hal itu melanggar hukum anti-pencucian uang. Dan pada bulan Agustus, Departemen Jasa Keuangan  New York  mengeluarkan surat panggilan untuk 22 perusahaan pembayaran berkembang, banyak yang menangani Bitcoin, mempertanyakan  tentang langkah-langkah mereka untuk mencegah pencucian uang dan menjamin perlindungan terhadap konsumen.
Alternatif untuk Bitcoin
Meskipun terdapat banyak  isu-isu baru-baru ini, keberhasilan Bitcoin dan  visibilitas pertumbuhannya semakin terlihat sejak diluncurkan dan telah merangkul  sejumlah perusahaan untuk meluncurkan cryptocurrencies alternatif, seperti:
-           Litecoin – Litecoin dianggap sebagai saingan terkemuka Bitcoin yang sudah ada, Litecoin dirancang untuk memproses transaksi yang lebih kecil dengan lebih cepat. Litecoin  ini didirikan pada bulan Oktober 2011 dianggap sebagai  koin perak untuk emas Bitcoin,” menurut pendirinya  Charles Lee. Berbeda dengan komputer berat  bertenaga  kuda yang diperlukan untuk pertambangan Bitcoin, Litecoins dapat dihasilkan oleh komputer desktop biasa. Batas maksimum Litecoin adalah 84 juta – empat kali batas Bitcoin yang hanya 21 juta – dan memiliki waktu pemrosesan transaksi sekitar 2,5 menit, sekitar hanya seperempat kali  dari yang Bitcoin butuhkan.
-          Ripple – Ripple diluncurkan oleh OpenCoin, sebuah perusahaan yang didirikan oleh pengusaha dibidang teknologi Chris Larsen pada tahun 2012. Seperti Bitcoin, Ripple merupakan sebuah mata uang dan sistem pembayaran. Komponen mata uangnya adalah  XRP, yang memiliki dasar matematika seperti Bitcoin. Mekanisme pembayarannya  memungkinkan transfer dana dalam mata uang apapun kepada pengguna lain pada jaringan Ripple dalam beberapa detik, berbeda dengan transaksi Bitcoin, yang dapat memakan waktu selama 10 menit untuk konfirmasi.
-          MintChip – Tidak seperti kebanyakan cryptocurrencies, MintChip sebenarnya adalah bentukan dari lembaga pemerintah, khususnya Royal Mint Kanada. MintChip adalah smartcard yang memiliki  nilai elektronik dan dapat mentransfer dana dengan aman dari satu chip ke yang lain. Seperti Bitcoin, MintChip tidak perlu identifikasi pribadi, tidak seperti Bitcoin, mintchip didukung oleh mata uang fisik, dolar Kanada.
Tentang Masa Depan
Beberapa keterbatasan yang mungkin dihadapi cryptocurrencies – seperti adanya fakta bahwa keberuntungan digital seseorang dapat terhapus oleh kerusakan perangkat  komputer, atau lemari besi virtual yang dapat dijarah oleh hacker – dapat diatasi kedepannya  melalui kemajuan teknologi. Yang mungkin sulit untuk diatasi adalah paradoks dasar yang cryptocurrencies – ketika ia menjadi  lebih populer, regulasi dan pengawasan pemerintah akan semakin ketat,  yang pada akhirnya dapat  mengikis premis mendasar bagi keberadaan cryptocurrencies.
Sementara jumlah toko yang menerima cryptocurrencies sudah semakin meningkat, cryptocurrencies  masih sangat jarang. Agar  cryptocurrencies menjadi lebih banyak digunakan, mereka harus terlebih dahulu mendapatkan penerimaan luas di kalangan konsumen. Namun, kompleksitas relatif mereka dibandingkan dengan mata uang konvensional kemungkinan akan menghalangi kebanyakan orang untuk memilikinya, kecuali untuk mereka yang berteknologi mahir.
Cryptocurrency yang bercita-cita untuk menjadi bagian dari sistem keuangan utama mungkin harus memenuhi kriteria yang sangat beragam. Hal ini akan perlu strategi matematis kompleks (untuk menghindari penipuan dan serangan hacker) tapi juga mudah bagi konsumen untuk memahaminya, terdesentralisasi tetapi dengan perlindungan konsumen dan perlindungan yang memadai, dan menjaga anonimitas pengguna tanpa terlibat penggelapan pajak, pencucian uang dan aktivitas jahat lainnya. Karena ini adalah kriteria yang tangguh yang harus terpenuhi, apakah mungkin jika cryptocurrency paling populer dalam waktu beberapa tahun lagi bisa menjembatani gap antara mata uang  fiat dan cryptocurrencies saat ini? Sedangkan kemungkinan yang terlihat asih jauh, ada sedikit keraguan bahwa sebagai cryptocurrency terkemuka saat ini, keberhasilan Bitcoin (atau ketidakmampuannya) dalam menghadapi tantangan yang dihadapi dapat menentukan nasib cryptocurrencies lainnya di tahun-tahun mendatang.
Haruskah Anda Investasi di Cryptocurrencies?
Jika Anda mempertimbangkan untuk berinvestasi di cryptocurrencies, mungkin lebih baik untuk memperlakukan “investasi” Anda dengan  cara yang sama seperti Anda akan memperlakukan setiap usaha sangat spekulatif lainnya. Dengan kata lain, sadari bahwa Anda berisiko kehilangan sebagian besar investasi Anda, atau bisa saja semua. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, cryptocurrency tidak memiliki nilai intrinsik selain dari apa yang pembeli bersedia bayar untuk itu pada suatu titik waktu tertentu. Hal ini membuatnya sangat rentan terhadap harga yang melambung, yang pada gilirannya meningkatkan risiko kerugian bagi investor. Bitcoin, misalnya, jatuh dari $ 260 sampai sekitar $ 130 dalam waktu enam jam pada tanggal 11 April 2013. Jika Anda tidak dapat menghadapi resiko  seperti volatilitas yang demikian, carilah tempat lain untuk investasi yang lebih cocok untuk Anda. Sementara terdapat pendapat yang berbeda-beda  tentang manfaat Bitcoin sebagai investasi – para pendukung menunjuk pada  suplai terbatas dan berkembangnya  penggunaan sebagai penggerak penting, sedangkan pengkritiknya justru melihatnya sebagai sekadar gelembung spekulatif – perdebatan ini dapat membuat investor konservatif untuk  meghindari investasi dibidang ini
Kesimpulan
Munculnya Bitcoin telah memicu perdebatan tentang masa depan dan untuk cryptocurrencies lainnya. Meskipun isu terbaru Bitcoin,kesuksesan peluncuran nya sejak tahun 2009 telah mengilhami penciptaan cryptocurrencies alternatif seperti Litecoin, Ripple dan MintChip. Cryptocurrency yang bercita-cita untuk menjadi bagian dari sistem keuangan utama harus memenuhi kriteria yang sangat berbeda-beda. Sedangkan kemungkinan terlihat sulit, ada sedikit keraguan bahwa keberhasilan Bitcoin atau justru kegagalannya dalam menghadapi tantangan yang dihadapi dapat menentukan nasib cryptocurrencies lainnya di tahun-tahun mendatang. (tr)


sumber : informasi forex

Written by

De Thera, atau yang biasa disapa thea , saya seorang entrepreneur dan pelajar, Young Entrepreneur dan kreative business adalah minat saya , saya harap anda menyukai blog saya .. good luck dear :*

1 komentar:

  1. Hello Ya'll,

    Below are the most recommended bitcoin exchange services (BUY/SELL):
    Coinbase: $1 minimum trade
    CoinMama

    Get free Bitcoins with the best Bitcoin faucet rotator:
    BEST Faucet Rotator

    ReplyDelete

 

© 2013 IdeNona. All rights resevered. Designed by IDENONA

Back To Top